Efek Positif Bermain Video Game Pada Anak

Jangan bermain game!

Terlalu banyak bermain game bisa membuat kamu jadi pemalas!

Main game bisa menjadikan kamu kurang pergaulan!


Sering kita mendengar komentar seperti itu ketika melihat anak-anak bermain game. Padahal bermain game adalah salah satu kegiatan yang menjadi favorit bagi anak-anak. Apalagi dengan kemudahan penggunaan gadget dan banyaknya pilihan game untuk dimainkan, membuat game digital semakin digemari sebagai sarana hiburan di waktu luang.


Mengapa masih sering muncul anggapan bahwa bermain game membawa dampak buruk bagi anak-anak?


Saat bermain game, anak-anak akan dibawa ke dalam dunia imajinatif yang diciptakan oleh si pembuat game.

Momok bagi orangtua

Mungkin karena sering ditemukan kejadian dimana anak-anak bermain game bukan hanya untuk mengisi waktu luang. Melainkan terus-menerus bermain sampai mengganggu waktu belajar dan istirahat mereka. Tentu ini bisa menyebabkan turunnya nilai pelajaran di sekolah, dan juga menimbulkan masalah kesehatan. Tak heran jika akhirnya kegiatan bermain game dianggap membawa efek negatif, dan jadi momok bagi para orangtua.


BACA JUGA : Tips Untuk Orang Tua Yang Anaknya Hobi Main Game


Benarkah demikian? Apakah bermain game hanya akan membawa efek negatif bagi anak-anak?


Cody's App Academy Belajar Coding Untuk Anak
Belajar juga harus diimbangi dengan bermain

Efek positif bermain game

Apabila dilihat dari sudut pandang yang konstruktif dan seimbang, ada beberapa efek positif yang bisa diperoleh anak-anak dari kegiatan bermain game. Berikut beberapa contohnya:

  • Kemampuan berimajinasi dan memupuk kreativitas.

Saat bermain game, anak-anak akan dibawa ke dalam dunia imajinatif yang diciptakan oleh si pembuat game. Suatu hal yang bisa memicu anak-anak saat mengolah informasi yang didapat dari dalam game. Kemudian anak-anak bisa mengasah kreativitas mereka untuk memecahkan tantangan yang ada di dalam game.

Roblox dan Minecraft adalah contoh game yang bisa melatih anak untuk berimajinasi dan berkreasi sekaligus menghibur.

  • Melatih refleks dan koordinasi mata serta tangan.

Memainkan game digital tidak hanya membuat anak-anak duduk diam secara pasif. Ada jenis game yang bisa melatih refleks serta kemampuan koordinasi antara otak, mata, dan tangan. Misalnya game Tetris, yang bisa melatih anak-anak untuk berpikir sambil secara refleks menggerakkan mata dan tangan untuk mengatur posisi balok-balok yang muncul.

  • Melatih kemampuan spasial.

Saat bermain game, anak-anak akan mengolah informasi yang diberikan dalam bentuk gambar. Ini dapat membantu mereka untuk mengasah kemampuan spasial dan meningkatkan kecerdasan visual. Kemampuan spasial ini bisa membantu anak-anak untuk pelajaran di bidang sains, engineering, dan matematika.


BACA JUGA : Perlukah Anak Belajar Coding?

  • Mendidik sifat pantang menyerah saat menghadapi masalah.

Salah satu hal yang menyenangkan saat bermain game adalah pada saat berhasil meraih capaian tertentu ketika mengatasi tantangan di dalam game. Hal ini bisa memupuk sifat pantang menyerah pada anak-anak saat terus mencoba untuk mengatasi tantangan dalam game dengan cara yang menghibur.

  • Membiasakan diri dengan perkembangan teknologi.

Dengan bermain game digital, anak akan diperkenalkan dengan perangkat digital. Yang memudahkan mereka untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat.


Hal ini bisa memupuk sifat pantang menyerah pada anak-anak

Bermain game bukan kegiatan negatif

Dari beberapa contoh di atas kita bisa melihat bahwa sesungguhnya bermain game juga bisa memberikan efek positif kepada anak-anak. Namun tetap perlu ada keterlibatan peran orangtua supaya efek positif tadi bisa didapatkan oleh anak-anak. Agar kegiatan bermain game bisa dijadikan sarana yang menghibur sekaligus edukatif serta membuat anak-anak bisa mengasah kemampuannya.


Ditulis Oleh

Krishna Wahyu

Wisnu Sanjaya

Cody's App Academy

November 2020


fx-glass.png

Kenali lebih lanjut tentang program game development khusus anak di Cody's App Academy!

game-button.png

Cody's App Academy adalah kelas belajar programming untuk anak secara online dan offline yang berpusat di Bintaro, Indonesia. Berdiri sejak 2014, materi kami dibangun berdasarkan pengalaman lebih dari 10 tahun di dunia game development Indonesia, serta team kami beranggotakan orang-orang yang memang sangat mencintai dunia game dan teknologi. Visi dan Misi kami adalah untuk membangun generasi baru yang memiliki kualitas tinggi dalam dunia programming dan game development.