CODY - ELEARNING - MAR2020 - IMAGE copy.
CODY - ELEARNING - MAR2020 - IMAGE copy.
CODY - ELEARNING - MAR2020 - IMAGE copy.

Lintang Anggowo - Pantang Menyerah Jadi Juara!


Lintang Anggowo #startwithcody Cody's App Academy
Lintang Anggowo, Cody's App Academy 2022

Lintang Anggowo adalah murid di Cody's App Academy yang bergabung sejak tahun 2016, hingga tahun 2022 dia masih aktif belajar. Lintang menjadi juara 3 pada Kidsoding Competition 2019, namun pada Kids Coding Competition 2022 dia berhasil memenangkan juara pertama dan mendapatkan Playstation 5! Pada saat artikel ini di-publish Lintang di Cody's App Academy sedang membuat beberapa Project untuk Platform Android.


Secara pribadi, Lintang Anggowo adalah murid yang pendiam namun ramai ketika di keluarga. Perlahan dia belajar coding dari nol ketika di Cody, hingga sekarang bisa masuk dalam level yang paling tinggi di Cody. Tidak ada hal yang instant, Lintang menyadari itu, dengan sabar dia belajar hingga pada akhirnya menjadi Juara KCC2022.


Banyak yang menganggap kalau untuk belajar coding harus memiliki kemampuan logika tajam, ketelitian yang tinggi dan sikap pantang menyerah. Ini menjadi hambatan bagi anak-anak saat mulai belajar coding. Kadang hingga bisa membuat mereka berhenti belajar coding.


Namun jika kita perhatikan saat anak-anak bermain game, tanpa disadari mereka menunjukkan karakteristik-karakteristik yang tadi. Tanpa sadar mereka menggunakan kemampuan logika, ketelitian dan pantang menyerah agar bisa menyelesaikan tantangan dalam game. Jadi sebenarnya main game bisa menjadi sarana untuk melatih karakteristik tadi.


Pengalaman itulah yang dialami Lintang dulu saat mulai belajar coding. Awalnya memang sangat sulit, namun dengan ketekunan melatih logika dan selalu pantang menyerah, akhirnya hambatan itu bisa dilewati. Dan hingga sekarang Lintang tetap terus melanjutkan belajar coding lebih dalam lagi. Menariknya, kemampuan-kemampuan tadi bisa terasah dari kegemaran Lintang bermain game.


Apakah main game memberikan manfaat positif?


Lintang mulai bermain game sejak duduk di kelas 3 SD, setelah melihat banyak permainan video game yang seru-seru. Sejak itu banyak jenis game yang dimainkan, mulai dari game di laptop, handphone, dan juga konsol. Game favoritnya adalah Left 4 Dead dan Left 4 Dead 2.


Orang tua memang mengizinkan Lintang untuk bermain game, namun tetap ada aturan yang harus ditaati. Jika sudah terlalu banyak bermain, tentu Lintang dimarahi oleh orang tua.


“Menurut saya anak-anak boleh bermain game, tapi harus diatur agar tidak berlebihan. Jika bisa mengatur kebiasaan main game dengan baik, ada banyak manfaat positif yang bisa didapat.”


Menurut Lintang banyak hal positif yang diperoleh dari bermain game, seperti melatih kreativitas untuk memecahkan masalah dalam game. Dan juga melatih pengendalian emosi serta memupuk sifat pantang menyerah saat menghadapi tantangan yang sulit.


Pengalaman belajar coding di Cody’s App Academy


Manfaat positif tadi menjadi bekal tambahan bagi Lintang saat belajar coding. Selain itu Lintang juga mendapat pelajaran coding dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut di Cody’s App Academy.


Sudah 6 tahun Lintang belajar di Cody’s App Academy. Ada banyak project game yang pernah dibuat untuk mengasah kemampuan coding membuat game. Terhitung sudah ada 21 game yang pernah dibuat Lintang. Project game yang paling menarik menurut Lintang adalah yang sedang dibuat saat ini, yaitu game Android berjudul Cody Flying Adventure.


Bukan hanya ilmu tentang coding saja yang diperoleh dari Cody’s App Academy namun juga mendapat teman-teman baru dan sharing pengalaman secara langsung dari para kakak trainer yang sudah berpengalaman di dunia game. Pelajaran dan pengalaman ini menjadi modal untuk mewujudkan impiannya di masa depan.